top of page
Search
  • jtanamas

Monitor Tekanan Darah Anda Di Rumah.

Tensimeter merupakan alat yang digunakan untuk melakukan pengecekan tekanan darah. Alat satu ini bisa menjadi hal wajib yang anda harus punya jika perlu melakukan pengecekan tekanan darah secara rutin. Alat yang biasa nya selalu ada di ruang praktek dokter ini bisa digunakan di rumah tanpa harus ke dokter.

Melakukan pengecekan tekanan darah secara rutin perlu dilakukan bagi penderita penyakit tertentu seperti hipertensi, penyakit ginjal atau hipotensi, dengan adanya anda memiliki tensimeter dirumah anda tidak perlu bolak balik dan mengantri ke rumah sakit untuk melakukan pengecekan tensi tekanan darah. Selain tidak harus lama menunggu diperiksa, melakukan tensimeter sendiri dirumah juga terjamin loh ke-akuratnya.

Gimana sih cara memilih tensimeter yang bagus buat dirumah? Polygreen Kasih Tipsnya ya!


1. Digital/Manual?

Beragam jenis dan model tensimeter dijual bebas di toko alat kesehatan, apotik bahkan toko online. Ada tensimeter manual dan digital.

Tensimeter manual terdiri dari meteran penunjuk tekanan darah balon pompa serta selang yang berhubungan dengan manset menggunakan tensimeter jenis ini sebaiknya dipilih jika dirumah ada orang yang bisa melakukan pemeriksaan tekanan.

Berbeda dengan yang manual, tensimeter digital lebih mudah untuk dipergunakan setelah manset terpasang tinggal klik tombol periksa manset akan mengembang secara otomatis dan akan mendeteksi tekanan darah kita dengan sendirinya. Untuk keakuratannya, jangan diragukan lagi! Hasilnya mirip dengan yang manual.


2. Cari ukuran manset yang sesuai.

Kesalahan umum dalam mengukur tekanan darah adalah ukuran manset yang tidak sesuai dengan lingkar lengan pasien jika ukuran tidak pas baik kekecilan atau kebesaran hasil pengukuran bisa menjadi tidak tepat.


3. Pilih yang mudah digunakan

Pilih alat ukur tekanan darah yang mudah digunakan, jika kamu memilih yang sulit semakin kamu jarang mengecek tekanan darah. Pastikan layar monitor mudah dibaca dan dimengerti serta tombolnya besar dan mudah di pahami. Petunjuk untuk menerapkan manset serta untuk mengoperasikan tensimeter harus jelas.

Anda juga harus mempertimbangkan apakah tensimeter tersebut mudah dibawa kemana mana, terutama jika anda sering bepergian atau disarankan untuk mengukur tekanan darah beberapa kali dalam sehari.


4. Pastikan Tensimeter Bergaransi

Kebanyakan monitor dan manset tekanan darah memiliki kartu garansi selama satu hingga 5 tahun, untuk menjamin kelayakan fungsi alat. Oleh karena itu anda perlu membaca kartu garansi untuk mengetahui apakah garansi berlaku untuk seluruh alat tensimeter atau hanya bagian tertentu saja.


Selamat memilih!





10 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page